Rabu, 15 Agustus 2012

Palem Regu Rhapis Multifida dari China

Rhapis Multifida juga biasa dipanggil Rhapis Humilis, merupakan palem regu versi lebih elegan daripada Rhapis Excelsa. Dalam bahasa Inggris, nama umum untuk Rhapis multifida adalah Finger Palm atau Lady Finger Palm, karena daunnya yang menyerupai jari tangan yang lentik. Sedangkan dari habitat asalnya di Guangxi, China, palem regu ini dipanggil Jade Palm (jin shan zong)

Rhapis multifida sesuai untuk diletakkan di dalam rumah, atau di balkon, karena tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Cenderung menyukai temperatur sedang dan tempat yang teduh. Palem ini tidak memiliki biji, namun berkembang biak secara vegetatif dengan pembentukan tunas baru secara kontinyu.
Sehingga dilihat dari sudut pandang ekonomi, jenis palem ini sesuai untuk dikembangbiakkan secara massal karena tidak memerlukan waktu lama untuk memperbanyaknya.

Berbeda dari saudaranya, Rhapis Excelsa, yang biasa dikembangbiakkan dari biji menjadi bibit (generatif), yang memerlukan waktu yang jauh lebih lama dari pada Rhapis multifida yang diperbanyak dengan cara vegetatif.

Flora Indah Lestari menyediakan koleksi palem regu Rhapis Multifida dengan tinggi 120-130cm di nursery kami di Gilisamping, Kemanggisan.



.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar