Senin, 13 Agustus 2012

Varigata pada Tumbuhan

Anda mungkin melihat tanaman dengan daun puring atau belang strip, totol atau block, bisa berwarna putih, atau kuning, bahkan pink. Ketidakumuman ini biasa dipanggil 'varigata' atau variegated. Tanaman varigata dapat muncul pada hampir spesies tanaman apapun, misalnya Sansevieria, Cycas, Zamia, Ficus, dll.

Varigata biasanya terjadi karena mutasi genetik yang disebut Chimera, yang timbul selama pembelahan sel pada tumbuhan. Varigata berwarna putih timbul karena tanaman tidak dapat memproduksi klorofil pada bagian tertentu. Varigata berwarna kuning, jingga, atau hijau muda terjadi karena produksi klorofil tidak cukup, sehingga pigmen xanthophyll timbul. Sementara daun dengan sebagian warna merah, pink, atau ungu terjadi karena klorofil tidak cukup, sehingga pigmen Anthocyanin timbul. Kasus yang lebih jarang terjadi adalah karena infeksi virus yang menyebabkan pola mosaik pada daun atau bunga.

Tanaman varigata membuat taman terlihat unik dan cerah. Karena 'varigata' jarang terjadi pada tanaman, maka harga tanaman 'varigata' pun lebih tinggi daripada tanaman sejenis yang normal(tidak 'varigata'). Flora Indah Lestari menyediakan berbagai spesies varigata di nursery kami di Kemanggisan, Jakarta Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar